PELATIHAN PENULISAN SOAL UJI KOMPETENSI TENAGA TEKNIS KEFARMASIAN (TTK) BERBASIS CBT

Pada hari Jumat tanggal 4 Maret 2016, diadakan pelatihan pembuatan soal uji kompetensi bagi Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) berbasis CBT (Computer Based Test), bertempat di kampus Akademi Farmasi Bumi Siliwangi Bandung. Adapun viagra ordonnance ou non pembicara pada Pelatihan ini adalah Bapak Direktur Akademi Farmasi Bumi Siliwangi Bandung yang juga Ketua APDFI (Asosiasi Pendidikan Diploma Farmasi Indonesia) Propinsi Jawa Barat.

Uji kompetensi dilakukan untuk menilai sejauh mana Kompetensi Standar suatu profesi/keahlian telah dicapai oleh peserta uji. Kompetensi bersifat multi dimensi dan terintegrasi, meliputi :

a. Pengetahuan (kognitif)

b. Sikap (konatf)

c. Ketrampilan (Skills)

 

Pada pelatihan ini, para dosen diajarkan bagaimana membuat soal yang baik. Salah satu materi pada pelatihan ini adalah bagaimana langkah-langkah penyusunan pertanyaan. Untuk membuat pertanyaan  uji  kompetensi berbasis CBT, diperlukan langkah-langkah sebagai berikut ;

1. Menentukan isi/topik

2. Memiliih 2-3 masalah

3. Menentukan skenario

4. Menuliskan kasus yang akan ditanyakan

5. Membuat pertanyaan

7. Menuliskan jawaban yang benar

8. Membuat Distracter/Pengacau

9. Pertanyaan tidak saling terkait.

 

Ada beberapa jenis Multiple Choice Question Format, yaitu :

1. One best answer question, terdiri dari A type dan R type

2. True -flase question, terdiri dari standard true false type  dan K-type complex true false

 

Pada akhir sesi pelatihan, para dosen ditugaskan untuk membuat soal uji kompetensi berbasis CBT, minimal 10 soal untuk direview dan diajukan sebagai usulan soal uji kompetensi TTK.

Comments